Diskominfo Wonosobo Dorong Sinergi Bakohumas Instansi Vertikal, BUMN, dan BUMD Terkait Respon Aduan Masyarakat
Sekretariat Kamis, 4 September 2025 pukul 00.00 WIB
9 views | Share:

Diskominfo Wonosobo Dorong Sinergi Bakohumas Instansi Vertikal, BUMN, dan BUMD Terkait Respon Aduan Masyarakat

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Wonosobo terus memperkuat pengelolaan informasi publik dan aduan masyarakat. Melalui Forum Koordinasi Pengelola Kehumasan yang digelar pada Rabu, 3 September 2025 di Aula Diskominfo dengan mengundang pengelola kehumasan dari instansi vertikal, BUMN, dan BUMD guna membangun sinergi dalam merespons laporan masyarakat, khususnya melalui aplikasi Laporbup.

 

Kegiatan yang dimulai pukul 13.30 WIB tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Diskominfo Wonosobo, Khristiana Dhewi, bersama Asisten Sekda Bidang Admninistrasi Umum, dr. Riyatno, serta Staf Ahli Bupati Wonosobo Bidang SDM, Yusuf Haryanto. Forum ini menjadi wadah strategis untuk memperkuat kelancaran arus informasi, koordinasi, dan sinkronisasi antarinstansi dalam hal pengelolaan kehumasan dan media sosial.

 

Dalam arahannya, dr. M. Riyatno menegaskan bahwa setiap admin Bakohumas di instansi vertikal, BUMN, maupun BUMD harus siap dan sigap merespons laporan masyarakat. Menurutnya, laporan yang masuk melalui aplikasi Laporbup tidak boleh dibiarkan berlarut-larut, karena respons cepat akan sangat membantu masyarakat dalam memperoleh pelayanan yang lebih baik.“Melalui grup WhatsApp Bakohumas, informasi dari admin Laporbup Diskominfo dapat segera diteruskan kepada instansi terkait agar bisa langsung ditindaklanjuti,” tegasnya.

 

Dhewi juga menekankan bahwa peran instansi vertikal, BUMN, dan BUMD sangat penting dalam mendukung optimalisasi layanan publik. Menurutnya, meskipun perangkat daerah dan kecamatan sudah terbiasa menggunakan Laporbup, namun partisipasi aktif dari instansi lain juga sangat dibutuhkan agar aduan masyarakat bisa ditangani secara menyeluruh. “Kami berharap seluruh instansi dapat lebih kompak dan bersatu dalam merespons aduan masyarakat. Diskominfo siap memfasilitasi koordinasi lintas instansi agar setiap laporan masyarakat ditangani dengan cepat, tepat, dan transparan. Dengan kerja sama yang solid, pelayanan publik akan semakin optimal dan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah juga meningkat,” pungkasnya.

 

Forum koordinasi ini diharapkan menjadi langkah konkret dalam membangun komunikasi yang efektif dan responsif, sehingga pengelolaan aduan masyarakat di Kabupaten Wonosobo dapat berjalan lebih baik melalui sinergi bersama.