Siapkan Rp 29 Miliar, Pemkab Wonosobo Bangun Stadion Wonosobo
Admin Kamis, 1 September 2022 pukul 00.23 WIB
1798 views | Share:

Siapkan Rp 29 Miliar, Pemkab Wonosobo Bangun Stadion Wonosobo

2 tahun lagi, digadang-gadang Wonosobo miliki Stadion Olahraga yang megah dan representatif. Pasalnya, Pemkab Wonosobo melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga tengah memulai pembangunannya di kompleks Gelanggang Olahraga (GOR) Wonolelo. Terbagi dalam 3 tahap, diperkirakan akan menelan anggaran Rp 29 miliar, dimana tahap 1 akan fokus pada pembangunan lapangan sepak bola dan variable pendukungnya.

Saat melakukan peletakan batu pertama pembangunan Stadion Olahraga Wonosobo, Rabu (31/8/2022), di Kompleks GOR Wonolelo, Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat menuturkan, impian memiliki stadion olahraga  menjadi dambaan seluruh masyarakat Wonosobo sejak lama, untuk itu pembangunannya akan selalu dikawal dan diawasi hingga tuntas secara maksimal.

“Masyarakat sudah lama mendambakan Stadion yang layak, dan kami sudah selayaknya mewujudkannya, mengingat curah hujan di Wonosobo yang tinggi, maka sistem drainase dan kebutuhan elektrikal pendukung lainnya harus disiapkan dengan matang,”ungkapnya.

Jelas Afif, sudah menjadi komitmen awal, melalui Program Wonosobo Sehat, Pemkab berkomitmen  menyiapkan sarana prasarana olahraga yang representatif, dalam rangka menyehatkan masyarakat dan mendukung prestasi atlit daerah. 

Sementara itu, Kepala Disdikpora Kabupaten Wonosobo Tono Prihartono menambahkan, pembangunan GOR Wonolelo telah disiapkan lahan seluas 57.000 meter persegi dengan luas stadion 31.450 meter persegi sebagaimana standar PSSI. 

“Sebagai tindak lanjut program Wonosobo Sehat, pembangunan venue GOR Wonolelo seluas 57.000 meter persegi dengan luas stadion 31.450 meter persegi, semoga dapat terwujud dan bermanfaat untuk masyarakat wonosobo,” ungkapnya.

CV Makmur Langgeng Jaya, sebagai pelaksana pembangunan, ujar Tono, tahap 1 akan melaksanakan pembangunannya dalam kurun waktu 110 hari kalender yaitu, 26 Agustus sampai 13 Desember 2022.

Rinciannya, tahap 1 tahun 2022 pekerjaan menyasar pengolahan lahan, lapangan sepak bola, jalan masuk ke stadion, dan dinding penahan tanah. Tahap 2 Tahun 2023, pekerjaan Tribun Utama meliputi, Tribun Utama, Ruang Lobby dan VIP, Ruang Pelatih Tim A dan B, Ruang Ganti dan Toilet Pemain, Ruang Medis, Pers, dan Wasit, Ruang Ticket, dan Toilet Penonton. Sedangkan tahap 3 tahun 2024 akan membangun parkir area stadion, pagar batas tanah, tribun terbuka, lintasan lari, pagar pembatas lapangan, lampu sorot stadion, dan elektrikal arus kuat. 

Sementara itu, Wakil Bupati Wonosobo Muhammad Albar menambahkan, dibangunnya GOR Wonolelo, diharapkan mampu meningkatkan prestasi olahraga, khususnya sepak bola Wonosobo pada Tingkat Jawa Tengah.

“Saya harap, dibangunnya GOR Wonolelo mampu meningkatkan prestasi sepak bola Wonosobo khususnya pada Tingkat Jawa Tengah,” tandasnya.