Sebelum Launching, Petugas Mal Pelayanan Publik Digembleng
Admin Jumat, 26 Januari 2024 pukul 00.00 WIB
438 views | Share:

Sebelum Launching, Petugas Mal Pelayanan Publik Digembleng

Pelayanan publik menjadi aspek yang sangat krusial dalam penyelenggaraan tata kelola pemerintahan. Sehingga peningkatan kualitas pelayanan publik menjadi bagian penting dalam pelaksanaan Reformasi Birokrasi. Demikian disampaikan Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat, saat membuka acara Peningkatan Kapasitas Petugas Pelayanan Publik pada Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Wonosobo, Kamis (25/1/2024) di Dipayana Resto Mudal.

Menurutnya, hal ini selaras dengan upaya peningkatan profesionalisme dan pengoptimalan pelayanan publik, dalam peningkatan kepuasan dan kepercayaan masyarakat terhadap Pemerintah Kabupaten Wonosobo.

“Layanan prima di MPP, perlu didukung dengan sumber daya manusia yang kompeten, berkomitmen, dan profesional, sehingga pelatihan ini menjadi bekal utama bagi petugas pelayanan dalam melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya,” ungkap bupati.

Lebih lanjut Afif meminta, seluruh petugas khususnya Front Office agar mampu memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dengan prinsip 5S (Salam, Sapa, Senyum, Sopan dan Santun). Selain itu, ketrampilan berkomunikasi, skill mengendalikan diri dalam mengelola emosi dan penguasaan segala jenis pelayanan yang berkualitas juga harus dimiliki.

“Saya minta dengan adanya kegiatan ini petugas pelayanan yang merupakan ujung tombak pemerintah daerah dalam berinteraksi dengan masyarakat, dapat memberikan service excelent serta kemudahan pelayanan kepada masyarakat dan pelaku usaha sehingga fasilitas MPP Kab. Wonosobo dapat dirasakan kemanfaatannya,” ungkapnya.

Lebih dari itu, peningkatan pelayanan Dinas Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), melalui peningkatan embrio dari GPP menjadi MPP, diharapkan mampu memacu tugas penting DPMPTSP dalam meningkatkan investasi potensi sumber daya alam di Kabupaten Wonosobo, guna meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan Masyarakat Wonosobo.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Wonosobo Tri Antoro menambahkan, pemerintah berkomitmen dalam peningkatan kualitas pelayanan publik, melalui proses penyempurnaan penyelenggaraan MPP, yang akan di soft launching pada 31 Januari dan grand launching April 2024 mendatang.

“Keberadaan MPP di Wonosobo yang diawali dengan layanan Gerai Pelayanan Publik (GPP) pada Januari 2022, harus menyatu melayani publik karena orang lain tidak akan menilai itu pelayanan dinas dan unit mana tapi layanan dari pemerintah Kabupaten Wonosobo,” pinta Tri Antoro.

Menurutnya, Pemkab Wonosobo akan terus berkomitmen dalam pelayanan optimal terhadap masyarakat. Optimal adalah puncak tertinggi, swhingga diharapkan tidak ada keluhan dalam proses pelayanan di MPP. Kalau masih ada keluhan berarti belum optimal dan harus dilakukan evaluasi.

“Kita sudah punya gedung baru yang akan segera di launching, maka kita siapkan SDM untuk disatukan persepsinya, dengan harapan bisa melayani lebih baik. Saya berpesan kunci utama yang tidak bisa ditawar dalam pelayanan adalah jujur dalam melayani  dan menjaga integritas,” pintanya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala DPMPTSP Wonosobo, Retno Eko Syafariati, menyatakan komitmen untuk terus meningkatkan standar pelayanan publik di MPP.

"Peningkatan kapasitas petugas adalah langkah penting untuk memberikan pengalaman pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat. Kami berkomitmen untuk terus berinovasi demi mewujudkan pelayanan publik yang responsif dan efektif," ujar Retno.

Melalui peningkatan kapasitas ini, akan memperkuat kompetensi dan keterampilan petugas agar mampu memberikan layanan yang lebih optimal kepada masyarakat. Dimana, peningkatan kapasitas dilakukan melalui serangkaian kegiatan pelatihan dan sesi pembekalan yang melibatkan tenaga ahli di bidang pelayanan publik, yang fokus pada peningkatan keterampilan komunikasi petugas dalam berinteraksi dengan pengunjung MPP, baik secara langsung maupun melalui layanan daring. Juga diajarkan pentingnya etika dan sikap ramah petugas sebagai bagian integral dari pelayanan yang berkualitas.

“Kita sudah membuat tata tertib dan SOP sehingga akan menjadikan pelayanan optimal. Dengan adanya peningkatan kapasitas ini, diharapkan MPP Kabupaten Wonosobo dapat memberikan kontribusi positif dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan menciptakan lingkungan pelayanan yang lebih baik,” pungkasnya.