Image Description
Admin Senin, 9 Mei 2022 pukul 17.26 WIB
117 views | Share:

Peringati Hardiknas 2022, Pemkab Wonosobo Berkomitmen Tingkatkan Kualitas Pembangunan SDM Berkemajuan dan Berkeadilan

Peringati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2022 yang bertepatan juga dengan Hari Raya Idul Fitri 1443 H, membawa semangat baru untuk pulih dan bangkit dari keterpurukan selama pandemi covid-19. Hal ini selaras dengan komitmen Pemerintah Daerah dalam upaya meningkatkan kualitas pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkemajuan dan berkeadilan sebagaimana yang diajarkan tokoh pendidikan bangsa, Ki Hajar Dewantara. 

“Peringatan Hardiknas tahun 2022 yang bersamaan dengan Perayaan Hari Raya Idul Fitri ini, mengambil tema Pimpin Pemulihan, Bergerak untuk Merdeka Belajar, ini selaras dengan upaya Pemkab Wonosobo dalam meningkatkan kualitas pembangunan SDM berkemajuan dan berkeadilan sehingga memiliki daya saing dan produktivitas tinggi penyokong kuat pembangunan bangsa,” ungkap Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat saat menyampaikan amanat Upacara Peringatan Hardiknas 2022 di Alun-Alun Wonosobo, Senin (9/5/2022). 

Lanjutnya, pemikiran Ki Hajar Dewantara tersebut mampu menjadikan implementasi kebijakan merdeka belajar, dalam melakukan transformasi layanan pendidikan di tengah pandemi saat ini. Utamanya dalam mewujudkan karakter patriotisme dan nasionalisme bagi seluruh generasi bangsa yang unggul dan kompetitif diera globalisasi dan modernisasi.

“Terkait implementasi kebijakan merdeka belajar dapat dilaksanakan dengan baik dengan melakukan transformasi melalui terobosan strategis, karena kita mengetahui bersama bahwa tantangan utama yaitu bagaimana menyiapkan kualitas SDM unggul, kompetitif, dan berkarakter di era modernisasi,” jelas Afif.

Di depan peserta upacara, yang juga dihadiri Wakil Bupati, Sekda, Pimpinan OPD, Kemenag, BUMN dan BUMD, Afif mengajak kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), BUMN, dan BUMD se-Wonosobo untuk saling bekerjasama dan berkolaborasi dalam memajukan Wonosobo guna melepaskan diri dari angka kemiskinan dan stunting yang masih tinggi. 

Selain itu Afif juga mengingatkan, selepas Ramadhan tetaplah menjadi insan yang mulia dan bertaqwa dalam segala aktivitas, antara lain dengan meningkatkan upaya untuk berbagi terhadap sesama utamanya yang membutuhkan, mampu mengendalikan hawa nafsu dan amarah serta mampu menciptakan situasi yang harmonis di semua lini kehidupan. 

Dalam kesempatan tersebut, juga dilakukan penyerahan penghargaan siswa berprestasi kepada Muhamad Fatah Dhiaulhaq Peraih Medali Emas Kompetisi Sains Nasional Mata Pelajaran IPS 2021, dan Khalfan Nur Mokhmad Peraih Medali Emas Pantomim Dalam Festival Lomba Seni Siswa Nasional 2021. Selepas upacara dilanjutkan dengan ramah tamah dan halal bihalal.