Pemkab Wonosobo Hadirkan Pelayanan Publik Efektif, Efisien dan Mudah
Admin Rabu, 31 Januari 2024 pukul 00.00 WIB
941 views | Share:

Pemkab Wonosobo Hadirkan Pelayanan Publik Efektif, Efisien dan Mudah

Terciptanya pelayanan publik yang cepat, mudah, terjangkau, nyaman, dan aman, merupakan komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Wonosobo kepada masyarakat. Hal ini terwujud, salah satunya melalui kehadiran Mal Pelayanan Publik (MPP) Sabha Mandala Grha sebagai pusat pelayanan terintegrasi di Kabupaten Wonosobo. 

Saat acara Soft Launching MPP Sabha Mandala Grha, Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat menyatakan, MPP merupakan langkah nyata kita untuk menyediakan layanan publik yang efektif dan efisien di bawah satu atap. Tujuan utama kami adalah memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses berbagai layanan pemerintah.

"Soft launching MPP ini menjadi langkah awal yang membanggakan dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kabupaten Wonosobo. Melalui MPP, kami berkomitmen untuk menyediakan layanan yang lebih efektif, efisien, dan terjangkau bagi seluruh masyarakat." ungkap Afif pada media usai Soft Launching, Rabu (31/1/2024) di Gedung MPP.

Selain itu, Bupati juga berharap bahwa MPP dapat menjadi pusat inovasi dalam penyelenggaraan pelayanan publik. "Kami berharap MPP menjadi tempat yang tidak hanya menyediakan layanan konvensional, tetapi juga menjadi pusat inovasi dalam pelayanan publik. Kami ingin terus berinovasi untuk memberikan layanan yang lebih baik dan memenuhi kebutuhan masyarakat secara optimal," ungkapnya.

Menurut Afif, melalui peluncuran MPP dan aplikasi perizinan “APRIZOB” merupakan langkah besar dalam meningkatkan kualitas layanan publik dan mempercepat pertumbuhan ekonomi lokal. Dengan adanya MPP dan aplikasi perizinan ini, masyarakat akan lebih mudah dan cepat dalam mengakses layanan pemerintah.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala DPMPTSP Wonosobo, Retno Eko Syafariati menjelaskan, acara soft launching MPP merupakan langkah penting dalam mewujudkan visi pemerintah daerah untuk menyediakan layanan publik yang lebih efektif dan efisien. MPP akan menjadi pusat tunggal bagi masyarakat untuk mengakses berbagai layanan pemerintah, mulai dari administrasi kependudukan hingga pembayaran pajak, dalam lingkungan yang nyaman dan terintegrasi.

“Melalui proses cukup panjang dan atas kerjasama multipihak akhirnya MPP dapat selesai tepat waktu  untuk kemudian bisa difungsikan. Pelayanan Publik yang sebelumnya dilayani Gerai Pelayanan Publik (GPP) yang beralamat di Gedung Korpri Kabupaten Wonosobo mulai tanggal 29 Januari 2024 pindah ke MPP “Sabha Mandala Grha”. Total ada 43 tenant di dalamnya yang terdiri dari 34 organisasi penyelenggara, dengan jenis pelayanan 243 layanan dan 1.115 layanan perizinan OSS. Di lantai 2 layanan yaitu Puspaga dan Gerai Investasi,” ungkap Retno. 

MPP Wonosobo menyediakan berbagai layanan, termasuk administrasi kependudukan, perizinan, pembayaran pajak, dan layanan lainnya. Keberadaan MPP diharapkan dapat mengurangi birokrasi, mempercepat proses administratif, serta meningkatkan kepuasan masyarakat dalam berinteraksi dengan pemerintah.

“Fasilitas modern dan layanan yang ramah pengguna menjadi fokus dalam perancangan MPP ini. Ruang tunggu yang nyaman, layanan ramah anak, dan teknologi informasi yang canggih menjadi daya tarik utama, menciptakan lingkungan yang bersahabat dan inklusif bagi semua lapisan masyarakat,” imbuhnya. 

Pada saat yang sama, dilakukan juga peluncuran aplikasi perizinan APRIZOB yang akan memungkinkan masyarakat untuk mengajukan permohonan perizinan secara online. Aplikasi ini dirancang untuk memotong birokrasi dan mempercepat proses perizinan, sehingga memudahkan pengusaha dan masyarakat dalam mengurus izin usaha dan lainnya.