KPU Wonosobo Lantik 795 Anggota PPS Pemilu 2024
DONI RAHMANTO, S.Sos Rabu, 25 Januari 2023 pukul 08.25 WIB
687 views | Share:

KPU Wonosobo Lantik 795 Anggota PPS Pemilu 2024

Guna menyukseskan kontestasi pentas demokrasi Pemilu Serentak 2024 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Wonosobo resmi melantik 795 Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS), Selasa, (24/01/2023), di Gedung Sasana Adipura Kencana. 

“Anggota PPS yang dilantik terdiri atas 3 orang dari setiap desa se-Kabupaten Wonosobo,” jelas Ketua KPU Kabupaten Wonosobo Asma Khozin saat diwawancarai awak media usai acara pelantikan dan pembekalan PPS Pemilu 2024 KPU Kabupaten Wonosobo.

Jelas Khozin, anggota PPS dipersiapkan untuk menyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2024, mulai dari proses sosialisasi, penugasan teknis, hingga evaluasi pelaksanaan pesta demokrasi di tingkat desa. 

“Selama proses rekrutmen PPS ini masih terdapat beberapa kendala antara lain banyak individu yang kesusahan menggunakan aplikasi SIAKBA  atau Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Ad Hoc, dari 7000 orang yang berhasil mendapatkan akses diambil 30% atau 795 orang,” jelasnya.

Setelah acara pelantikan ini, ujar Asma,  dilanjutkan pembentukan pantarlih pada 26 Januari mendatang,  dan  akan melakukan verifikasi faktual 8 calon anggota DPD Wonosobo pada bulan berikutnya.

“Masa kerja PPS yang sudah dilantik terhitung mulai hari ini sampai 16 bulan ke depan, namun ada kemungkinan diperpanjang sampai kontestasi Pilkada selesai, tahun ini juga terdapat peningkatan jumlah TPS dibanding Pemilu 2019, dari 2950 TPS menjadi 3160 TPS,” tambahnya. 

Pada saat bertugas nanti, pihaknya akan memberikan stimulan berupa vitamin dan sejenisnya agar mampu bekerja maksimal di tempat tugas masing-masing.

“Saya berharap, Anggota PPS Wonosobo mampu bekerja penuh dengan integritas, profesional melayani peserta Pemilu dan pemilih, serta benar-benar bekerja sesuai dengan regulasi yang kita miliki,” pungkasnya.