Apel Pergeseran Pasukan, Jadi Upaya Antisipasi dan Kesiapan Pemerintah Wonosobo Hadapi Pemilu
Admin Selasa, 13 Februari 2024 pukul 16.22 WIB
47 views | Share:

Apel Pergeseran Pasukan, Jadi Upaya Antisipasi dan Kesiapan Pemerintah Wonosobo Hadapi Pemilu

Ratusan personel Kepolisian dan TNI dikerahkan untuk mengamankan seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) di wilayah hukum Polres Wonosobo selama hari pencoblosan. dimulai hari ini hingga 17 Februari mendatang.

Apel Pergeseran Pasukan tersebut digelar di Halaman Polres Wonosobo. Dipimpin langsung oleh Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat,  didampingi oleh Kapolres Wonosobo, AKBP Donny Sardo Lumbantoruan dan dihadiri juga oleh Dandim Wonosobo, Letkol Inf Helmy. Selasa (13/2/2024).

Menurut Bupati Afif Nurhidayat, hari ini yang bertindak melaksanakan tugas yakni KPUD, sehingga semua stakeholder yang berkaitan dengan Pemilu 2024 harus mensupport baik Sarana, Prasana agar kesiapan tempat pemungutan suara (TPS) benar-benar sudah siap dengan SDM, Tempat dan sarana pendukung lainnya. Sehingga support system dari semua ini menjadi penting dalam keberlangsungan Pemilu. “Melalui hasil koordinasi yang apik hari ini, kami memastikan bahwa semuanya sudah siap sehingga besok gelaran pesta demokrasi ini bisa berjalan sesuai yang kita rencanakan”, ungkap Afif.

Bupati Afif sebut, bahwa sukses penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024 yang akan dilaksanakan tidak hanya dilihat dari segi prosedural semata, tetapi juga dari segi substansial. Persiapan tahapan pemilu di masing-masing TPS hingga malam tadi, terpantau sudah siap untuk pelaksanaan esok hari. "Ini bagian dari upaya teman-teman KPPS yang ingin menyajikan kinerja terbaik pada gelaran 14 Februari besok". imbuhnya.

Sejalan dengan teknis penyelenggaraan, Pemerintah Kabupaten Wonosobo telah menyipakan beberapa langkah Antisipasi dalam kesiapan tenaga dari masing-masing personil, berdasarkan dari pengalaman yang sudah-sudah. Dengan tanggung jawab yang sedemikian besar yang di emban oleh setiap personil, Pemerintah terus mendorong dan memberikan upaya yang sepadan. Sejauh ini upaya yang sudah dilakukan masih bertahap sampai proses pemetaan personil yang kedepan semua anggota penyelenggara pemilu harapannya dapat memiliki asuransi kesehatan yang melekat dalam melaksanakan tugasnya

Selain itu, "Baik tenaga medis maupun kesehatan telah kami terjunkan di semua wilayah melalui rekan-rekan yang ada di RSUD maupun Puskesmas yang ada di Kabupaten Wonosobo". pungkas Afif.

Pada Kesempatan yang sama, Kapolres Wonosobo AKBP Donny menjelaskan bahwa Pasukan yang disiapkan dari polres sejumlah 350 orang personil dan ditambah 84 personil TNI untuk di sebar ke 15 kecamatan pada sejumlah 3091 TPS di Wonosobo. “Hingga nanti 17 Februari 2024 semua personil akan melakukan pengamanan pada ring 2 TPS dan dimulai dari sekarang ini hingga esok, pelaksanaan pergeseran pasukan utamanya akan mengamankan kotak-kotak suara sebelum esok pemungutan dan memastikan tidak ada pelanggaran atau hal-hal yang merugikan banyak pihak”, jelas Donny.

 

Sumber : Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Kabupaten Wonosobo