Dinas Kominfo Bakal Hadirkan Duta Lapor Nasional Di Rakor PPID
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Wonosobo melalui Bidang Informasi dan Komunikasi Publik bersiap menggelar rapat koordinasi dan evaluasi kinerja pejabat pengelola informasi dan dokumentasi (PPID), yang akan dihelat pada Rabu (12/3/2020) mendatang di Kampung Dieng, Siwuran Kecamatan Garung. Selain agenda rutin koordinasi dan evaluasi berkala, rakor yang bakal dihadiri PPID seluruh OPD dan Kecamatan se-Wonosobo tersebut dipastikan akan menghadirkan narasumber kaliber Nasional, yaitu Duta Layanan Aspirasi Dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) SP4N (Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional) Indonesia.
Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik, Hapipi, menyebut upaya menghadirkan Duta LAPOR Nasional tersebut menjadi bagian dari keinginan untuk mengoptimalkan peran layanan aduan masyarakat di masing-masing OPD Pemkab. "Sesuai amanat Pasal 36 dan 37 Undang Undang Nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, penyelenggara wajib memberikan akses seluas-luasnya kepada masyarakat untuk memberikan masukan kepada penyelenggara atas pemberian layanannya", tutur Hapipi ketika ditemui di ruang kerjanya belum lama ini. Oleh karena itu, layanan pengaduan menurutnya harus dikelola dengan baik, yaitu antara lain menyediakan sarana pengaduan, menugaskan pelaksana yang berkompeten, menangani pengaduan serta menindaklanjuti pengaduan.
Hal tersebut menurut Hapipi juga merupakan tindak lanjut Peraturan Presiden Nomor 76 Tahun 2013 Tentang Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik, di mana di dalamnya diatur mengenai Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) yang merupakan integrasi pengelolaan pengaduan pelayanan publik secara berjenjang pada setiap penyelenggara Negara dalam kerangka sistem informasi pelayanan publik.
Menyambut Peraturan Presiden Tentang Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik, Pemerintah Kabupaten Wonosobo disebutnya juga telah menerbitkan Surat Keputusan Bupati Nomor 490.1 / 449 / 2017 tentang Pembentukan Tim Koordinasi Pengelolaan Pengaduan dan Petugas Administrator Pengelola Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional. Terbentuknya Tim tersebut menjadi fasilitas untuk memudahkan akses masyarakat maupun stakeholder untuk menyampaikan pengaduan, aspirasi maupun permintaan informasi.
Melalui rakor yang akan dihadiri Duta LAPOR Nasional tersebut, Hapipi berharap segenap pemangku kepentingan dalam ekosistem LAPOR SP4N di lingkup Pemkab Wonosobo menjadi lebih memahami peran dan fungsi masing-masing dalam alur layanan aduan masyarakat melalui layanan berbasis online.
(Danang Hari Purnomo - Dinas Kominfo Kabupaten Wonosobo)