Dalam 3 Hari, Chat BOT Pemkab Layani 4 Ribu Pertanyaan Warga
ZAKY MOHAMMAD, S.Kom Selasa, 14 April 2020 pukul 09.01 WIB
108 views | Share:

Dalam 3 Hari, Chat BOT Pemkab Layani 4 Ribu Pertanyaan Warga

Pemerintah Kabupaten Wonosobo melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona berupaya keras melayani kebutuhan warga masyarakat yang menginginkan informasi lengkap perihal perkembangan kasus COVID-19. Demi memberikan pelayanan yang informative, belum lama ini Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Wonosobo juga meluncurkan Chat BOT, alias layanan mesin penjawab otomatis melalui aplikasi pesan singkat whatsapp. Kepala Dinas Kominfo Eko Suryantoro, menyebut upaya melayani keingintahuan warga dengan Chat BOT tersebut melengkapi informasi harian yang disampaikan Gugus Tugas COVID-19 melalui situs resmi pemkab, yaitu corona.wonosobokab.go.id yang telah lebih dulu diluncurkan pada awal bulan Maret silam.

“Latar belakang dari dibangunnya sistem layanan informasi otomatis ini adalah karena Bapak Bupati dan Bapak Sekda berkeinginan agar masyarakat bisa mengakses beragam informasi terkait perkembangan penanganan COVID-19 di Kabupaten Wonosobo secara lebih mudah dan akurat,” tutur Eko ketika ditemui seusai video Conference dengan Bidang Kehumasan Gugus Tugas COVID-19 di ruang rapat utama Dinas Kominfo, Selasa (14/4/2020). Menurut Eko, dengan tersedianya layanan informasi berbasis aplikasi pesan singkat paling populer saat ini, warga masyarakat akan sangat dimudahkan untuk memperoleh informasi dari sumber yang akurat, kredibel dan bisa dipertanggung jawabkan. Dalam layanan tersebut, Eko juga menyebut warga bahkan bisa meminta untuk klarifikasi apabila ingin mengetahui apakah informasi yang beredar benar atau sekedar hoax. “Kami bekerjasama dengan masyarakat anti fitnah Indonesia (MAFINDO) untuk menelusuri kebenaran berita-berita yang beredar di masyarakat, terutama melalui media sosial,” bebernya. Respon masyarakat pun, menurut Eko sangat antusias, sehingga dalam 3 hari pertama sejak diluncurkan pada Sabtu (12/4) lalu, jumlah akses oleh warga sudah mencapai 4.282 permintaan informasi.

Perihal teknis layanan Chat BOT, Priyo Cahyono sebagai penanggung jawab aplikasi layanan informasi di Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Wonosobo menyebut setidaknya ada 6 layanan yang bisa diakses publik. Layanan Chat BOT, Menurut Priyo menggunakan nomor yang bisa diakses melalui Aplikasi Whatsapp oleh siapapun, yaitu di nomor 082327733373. “Jenis layanan diakses melalui permintaan yang disampaikan oleh warga yaitu di nomor 1 sampai 7, meliputi Nomor 1 Data COVID-19 Kabupaten Wonosobo, Nomor 2 Himbauan, Nomor 3 Langkah tangani Gejala COVID-19, Nomor 4 layanan Telepon Fasilitas Kesehatan, Nomor 5 layanan Telepon Siaga dan Nomor 6 merupakan layanan telepon MAFINDO untuk klarifikasi berita Hoax,” terang Priyo. Selama 24 jam, layanan Chat BOT disebut Priyo bisa diakses oleh masyarakat yang membutuhkan informasi cepat perihal COVID-19. Sampai saat ini, Priyo menyebut permintaan terbanyak oleh warga adalah pada nomor 1, yaitu data perkembangan yang berisi jumlah ODP, Jumlah PDP dan Jumlah Positif COVID-19.