Admin PPID Diajak Pelajari Layanan Aduan Di Smart Room Kabupaten Sleman
Tak kurang dari 30 petugas administrator PPID dari OPD dan Kecamatan se-Kabupaten Wonosobo diajak mengunjungi Ruang Pintar (Smart Room) milik Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman, Kamis (28/11). Kunjungan tersebut, menurut Kepala Dinas Kominfo, Eko Suryantoro adalah dalam rangka pembelajaran terkait tata kelola website, pelayanan aduan masyarakat, Kelompok Informasi masyarakat, hingga implementasi sejumlah program dalam agenda mewujudkan Wonosobo Kota Cerdas (Smart City). "Kabupaten Sleman kami nilai sudah selangkah lebih maju, sehingga layak untuk menjadi salah satu referensi kami belajar mengelola KIM maupun website resmi OPD," terang Eko dalam acara penerimaan kunjungan di Smart Room Kominfo Sleman.
Dari paparan yang disampaikan Sekretaris Dinas Kominfo Sleman, Purwati, Eko juga mengakui secara umum Pemkab Sleman memang telah lebih awal memulai tahapan Smart City nya, sehingga fasilitas pendukung berupa sarana maupun prasarana pun sudah lebih memadai. Dalam hal pengelolaan Kelompok Informasi Masyarakat, Eko juga menyebut kontribusi penyebaran Informasi sebagai bagian dari implementasi transparansi publik sudah berjalan cukup baik. "Harapan kami, nanti apa yang sudah dipelajari di Dinas Kominfo Sleman ini dapat diterapkan di Kabupaten Wonosobo, sehingga upaya untuk meningkatkan kontribusi admin PPID terhadap keterbukaan Informasi berjalan lebih cepat," tandas nya.
Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo, Hapipi menambahkan, pentingnya kunjungan ke smart room Pemkab Sleman adalah juga terkait dengan pengelolaan aduan masyarakat. Tersedianya sejumlah kanal dalam upaya mengakomodasi aduan publik di Sleman diakui Hapipi layak dicontoh untuk diterapkan di Wonosobo. "Bagaimana Dinas Kominfo menugaskan administrator untuk melayani aduan masyarakat hingga ke tahap koordinasi dan penyelesaian aduan cukup menarik dan kami nilai tidak terlalu sulit untuk bisa di implementasikan para admin PPID OPD di Wonosobo," terangnya. Program implementasi layanan aduan masyarakat, menurut Hapipi bakal menjadi salah satu sasaran prioritas bidang IKP pada Tahun 2020 mendatang. Dengan telah terlaksananya pembelajaran di Sleman, ia meyakini para admin PPID di OPD maupun Kecamatan akan lebih siap dalam melayani aduan warga masyarakat.