Desa Lumbung Darah Pertama Di Jateng Ada Di Wonosobo

Bupati Wonosobo Eko Purnomo, S.E. M.M., bersama Dandim 0707 Wonosobo Letkol C.Zi. Wiwid Wahyu Hidayat canangkan Desa Pungangan Kecamatan Mojotengah sebagai Desa Lumbung Darah di Kabupaten Wonosobo sekaligus yang pertama di Jawa Tengah.

Bupati mengucapkan terima kasih dan apresiasi mendalam, atas kepedulian serta solidaritas warga Desa Pungangan, yang telah menginisiasi berdirinya Kelompok donor darah di Desanya. "Mudah-mudahan kelompok yang telah berdiri ini, akan banyak membawa manfaat untuk kemanusiaan, mari kita tingkatkan kepedulian dan solidaritas kita bersama demi Wonosobo yang berdaya dan sejahtera", demikian disampaikan Eko Purnomo saat mencanangkan Desa Lumbung Darah yang bersamaan dengan penutupan TMMD Sekuyung Tahap II Tahun 2020 di Desa Pungangan Kecamatan Mojotengah.

Menurut penuturan Kepala Desa Pungangan, Supriyono, kelompok donor darah ini berdiri pada 8 Juli 1990 atas inisiasi kelompok pengajian dengan peserta awal 7 orang. Dilatarbelakangi karena ada salah seorang warga yang sakit saat itu, dan butuh bantuan tambah darah. Kemudian tercetuslah kelompok donor darah di Dusun Kleyang Desa Pungangan tersebut.

Sampai saat ini jumlah anggota kelompok sudah mencapai 150 orang, dan yang aktif 120 orang. Rata-rata usia antara 20 sampai dengan 71 tahun. Mereka sudah mendonorkan darah sampai 40 kali, bahkan ada yang sudah sampai 87 kali.

Statistik Pengunjung

Kami mengatakan tidak untuk Korupsi, Pungli

Kontak Kami

Alamat: Jl. Sabuk Alu No. 2A
Phone: (0286) 325112
Email: diskominfo@wonosobokab.go.id
Website: https://diskominfo.wonosobokab.go.id