Penyemprotan Desinfektan Kian Masif Di Wilayah, Sejumlah Fasilitas Umum Di Kalikajar dan Kepil Disterilkan

Upaya pencegahan menyebarnya virus Corona melalui tindakan sterilisasi dengan cairan desinfektan semakin massif dilakukan di Kabupaten Wonosobo. Secara serentak, Selasa (23/3/2020) tiga institusi, yaitu PMI Kabupaten, Jajaran Pemerintah Kecamatan Kepil dan Kecamatan Kalikajar menyambangi sejumlah fasilitas umum untuk sterilisasi dengan tindakan penyemprotan desinfektan. Koordinator aksi dari PMI Kabupaten, Faisal RB menerangkan agenda penyemprotan tersebut sudah berlangsung selama beberapa hari terakhir. Tidak hanya di lingkungan fasilitas milik Pemerintah, petugas di lapangan disebut Faisal juga melakukan sterilisasi di fasilitas di luar Pemkab, seperti SPBU dan Pondok Pesantren hingga sekolah-sekolah.

“Hari ini kami ke SPBU untuk memastikan agar tempat yang menjadi tujuan kendaraan warga untuk mengisi BBM, bisa disterilkan sehingga terbebas dari virus korona,” terangnya. Ia bahkan mengaku pihaknya masih terus menerima permintaan sterilisasi dari sejumlah pihak yang ingin agar tempat mereka bebas dari ancaman virus yang kini telah merenggut puluhan ribu nyawa di seluruh dunia itu. “Untuk permintaan dari banyak pihak, kami senantiasa berupaya untuk memenuhi, hanya saja memang karena banyaknya lokasi, jadwal kami tentukan dan mereka bersedia menunggu,” lanjutnya.

Sementara, di wilayah Kecamatan Kalikajar, Camat setempat Bambang Triyono juga memimpin kegiatan penyemprotan bersama jajaran forkompimca dan relawan lintas sektor ke sejumlah titik. Dihubungi melalui sambungan telfon, Bambang menerangkan kegiatan tersebut menjadi bagian dari agenda pencegahan penyebaran virus COVID-19 di gugus tugas Kecamatan. “Penyemprotan sejumlah tempat hingga ke Desa-desa ini, kami lakukan selain untuk mencegah penyebaran virus, juga demi mengingatkan kepada warga mengenai bahaya virus Corona, sehingga mereka lebih sadar untuk turut berpartisipasi aktif mencegahnya,”  terang Bambang. Sebelum melakukan penyemprotan, sehari sebelumnya ia mengaku telah intensif menyebarkan ratusan pamflet berisi maklumat Kapolri untuk mencegah pandemi COVID-19 agar tak sampai mewabah di Kalikajar. “Intinya warga masyarakat di wilayah Kalikajar ini kami upayakan sepenuhnya agar juga mampu berinisiatif menjaga diri sendiri jangan sampai tertular,” tandasnya.

Senada, Camat Kepil Miswari yang juga bergerak di sejumlah titik di Kecamatan Kepil pun tak ingin wabah Corona hinggap di wilayahnya terpapar. “Sesuai arahan dari Pemerintah Pusat dan Daerah, kami bergerak secara aktif, selain dengan sosialisasi kepada warga, juga melakukan tindakan antisipatif yaitu mensterilkan dengan desienfektan tempat-tempat umum yang biasa digunakan warga untuk aktifitas sehari-hari mereka,” terangnya. Tak hanya itu, Miswari mengaku ia dan tim terus melakukan upaya preventif dengan imbauan apabila ada warga yang mengalami gejala sepertri demam, batuk pilek hingga sesak nafas, maupun indikasi dari riwayat perjalanan dari daerah terjangkit COVID-19 untuk lebih sadar dengan memeriksakan diri di fasilitas kesehatan terdekat.

Statistik Pengunjung

Kami mengatakan tidak untuk Korupsi, Pungli

Kontak Kami

Alamat: Jl. Sabuk Alu No. 2A
Phone: (0286) 325112
Email: diskominfo@wonosobokab.go.id
Website: https://diskominfo.wonosobokab.go.id