Wakil Bupati Buka Workshop Penyandang Disabilitas

Wakil Bupati Wonosobo Agus Subagiyo membuka Workshop Advokasi Dan Fasilitasi Bagi Penyandang Disabilitas dan ToT (Training of Trainers) Bengkel Kursi Roda di Hotel Kresna, Selasa (1/10). Kegiatan ini merupakan kerjasama Pemerintah Kabupaten Wonosobo dalam hal ini Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsos Bapermasdes) bersama Bappeda, dengan peran serta dari FNS Jakarta dan OHANA Yogyakarta.

Agus Subagiyo menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah berperan dalam rangkaian kegiatan workshop kali ini. Atas dukungan dan sinergitas serta kolaborasi yang telah membantu penyandang disabilitas di Kabupaten Wonosobo. Dengan pemberian berbagai bantuan, guna menunjang aktifitas mereka. Salah satunya ucapan disampaikan kepada OHANA Yogyakarta yang telah memberikan bantuan berupa alat bantu jalan kursi roda.

Agus merasa bantuan sosial seperti ini memang sangat diperlukan bagi mereka para penyandang disabilitas yang seharusnya mendapatkan perhatian karena berkebutuhan khusus. Dengan bantuan tersebut diharapkan bisa membantu dan mempermudah para penyandang disabilitas untuk menjalani aktifitasnya. Selain itu dengan mengikuti workshop nantinya bisa mendapatkan tambahan pengetahuan dan pemahaman yang baik serta mampu untuk dilaksanakan sebagaimana mestinya.

Sementara itu Kadinsos Muawal Soleh menjelaskan, kegiatan ini dilakukan untuk menyamakan persepsi mengenai hak-hak penyandang disabilitas. Transfer tehnologi dan sosialisasi tentang produk dan kualitas kursi roda bagi para penyandang disabilitas dengan melibatkan peran Pemerintah Daerah. Membangun sistem layanan kursi roda yang partisipatif dengan didukukung oleh perencanaan penganggaran dari Pemerintah. Mendorong terwujudnya sistem pelayanan yang inklusif dan partisipatif di wilayah Kabupaten/Kota. Serta merupakan komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Wonosobo terhadap akses bagi penyandang disabilitas.

Rangkaian kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari Selasa-Rabu (1-2/10). Dengan agenda hari pertama diisi workshop advokasi dan fasilitasi bagi penyandang disabilitas. Dilanjutkan hari kedua dengan ToT (Training of Trainers) bengkel kursi roda bagi trainers dan para penerima manfaat. 

Muawal menyampaikan, bantuan yang diberikan bagi penyandang disabilitas berupa alat bantu jalan yaitu 26 unit kursi roda khusus, 5 unit walker, serta 5 unit kruk.

Workshop sendiri di ikuti kurang lebih 85 orang peserta, terdiri dari OPD dan Instansi terkait, Dunia Usaha/CSR, Organisasi penyandang disabilitas, lembaga/komunitas Sosial, TKSK Se-Kabupaten Wonosobo, para trainer bengkel kursi roda dari Kabupaten/Kota di Jawa Tengah (Kab. Temanggung, Kota Magelang, Kab. Magelang, Kota Semarang, Kab. Banyumas dan Kab. Wonosobo).

Statistik Pengunjung

Kami mengatakan tidak untuk Korupsi, Pungli

Kontak Kami

Alamat: Jl. T. Jogonegoro Nomor 8
Phone: (0286) 321341
Email: diskominfo@wonosobokab.go.id
Website: https://diskominfo.wonosobokab.go.id